SPAREPART MOTOR YANG SERING RUSAK
SPAREPART MOTOR YANG SERING RUSAK
SPAREPART MOTOR YANG SERING RUSAK
Anda orang yang sering berkendara menggunakan Motor? atau
Anda punya koleksi Motor? Punya Motor sendiri emang akan terasa lebih menyenagkan
apalagi bisa berpergian atau Touring ke luar kota dengan teman atau kerabat
lainnya.
Namun pernahkah anda mengalami mogok tiba-tiba di tengah
jalan? Atau motor anda tiba-tiba berasa aneh dan sangat tidak nyaman untuk
dikendarai? Banyak hal yang bisa membuat motor anda mati atau berasa ada yang
aneh. Nah kali ini saya akan membahas tentang Sparepart Sepeda Motor yang
sering rusak, apa saja itu? Mari kita ulas lebih dalam lagi.
1. Kampas Rem
Part ini baik di sistem rem tromol ataupun cakram juga
memiliki usia yang relatif singkat atau cepat aus.
Rusak atau Aus nya kampas rem juga terjadi karena
beberapa faktor seperti Setelan rem yang terlalu
kencang. Selain itu, posisi velg atau disk cakram yang tidak rata juga
bisa membuat part ini aus sebelah.
Untuk memperpanjang usianya, gunakanlah selalu kampas rem
berkualitas, yang original atau asli, atau bisa juga membeli produk
aftermartket yang sudah teruji kualitasnya. Selain itu cek juga setelan rem,
jangan terlalu kencang, dan jangan terlalu kendor.
2. Aki
Biasanya ini bakal terjadi ketika motor Anda kelebihan
beban listrik, atau bisa juga Aki basah yang gak pernah dicek ketinggian
airnya. Anda bisa mengurangi beban kelistrikan supaya Aki gak cepet tekor.
Atau kalau mau cara yang lebih esklusif dan agak mahal, Anda bisa mengubah
sistem kelistrikan motor Anda menjadi sistem fullwave supaya pengisian ke Aki
menjadi lebih besar dan gak cepet tekor.
3. Gearset dan Rantai
Walaupun sebeneranya part ini cukup tahan lama, namun
terkadang part ini juga cepat rusak. Sebenarnya usianya bisa sampai tahunan,
namun karena pengaturan setelan yang terlalu kencang, dan beban kerja motor
yang terlalu berat, part ini bisa cepat aus dan mudah kendor. Sepertinya kita
udah gak asing lagi kalau lagi di jalan banyak banget motor yang gearset sama
rantainya bunyi.
4. Busi
Kecil tapi berkontribusi sangat besar untuk kehidupan
motor Anda. Biasanya, ketika motor Anda mati di tengah jalan lalu dibawa ke
bengkel, sudah pasti si kecil inilah benda yang akan di cek oleh montir.
Selain memang sudah usianya, Busi bisa mati karena
terkena cairan atau air atau bisa juga berasal dari oli mesin yang naik ke
ruang pembakaran, sehingga busi menjadi basah dan tidak bisa memercikkan bunga
api.
5. Bohlam
Gak pandang bulu, mulai dari bohlam lampu utama, sen,
rem, sampai speedometer sering sekali putus. Mungkin memang karena kualitas
bohlam sekarang yang agak kurang bagus, namun juga ada kemungkinan kelistrikan
motor anda ada masalah sehingga putusnya bohlam menjadi tumbalnya.
Posting Komentar