CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI
CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI
CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI
Motor Matic sudah menjadi salah satu motor favorit di
Indonesia. Karena pemakaiannya yang sangat mudah dan simpel. Terlepas dari
masalah seputar mesin motor matic komponen pada rumah CVT mempunyai tanda atau
ciri-ciri jika memang kondisinya sudah minta diganti. Mulai dari selip timbulnya suara berisik pada CVT dan
masalah yang lainnya. Nah, Berikut adalah gejala atau ciri-cirinya :
1. PIN GUIDE KURANG PELUMASAN
Komponen lain yang diserang adalah lubang pin guide di Pulley sekunder terkikis atau rusak . Ini disebabkan karena tidak ada pelumasan . Jika sudah rusak akan timbul suara kasar dan berisik dengan keras dan disertai putaran roda belakang yang tersendat ketika motor jalan. Ini bahayanya jika Roller Kampas Kopling dan Rumah Kopling Sentrifugal rusak dan tidak segera diganti.
Komponen lain yang diserang adalah lubang pin guide di Pulley sekunder terkikis atau rusak . Ini disebabkan karena tidak ada pelumasan . Jika sudah rusak akan timbul suara kasar dan berisik dengan keras dan disertai putaran roda belakang yang tersendat ketika motor jalan. Ini bahayanya jika Roller Kampas Kopling dan Rumah Kopling Sentrifugal rusak dan tidak segera diganti.
2. BELT MENDECIT
Jika didalam Rumah CVT timbul suara mendecit segera cek kondisi Belt CVT. Karena biasanya sabuk penghubung putaran Pulley ini selip. Adapun penyebab selip biasanya Belt sudah tidak lentur lagi atau getas serta kendur. Ketebalan dan kemiringan bisa juga sebagai penyebabnya. Dan bisa terlihat jika Belt sudah minta ganti yaitu ditandai dengan retak - retak atau sobek.
Jika didalam Rumah CVT timbul suara mendecit segera cek kondisi Belt CVT. Karena biasanya sabuk penghubung putaran Pulley ini selip. Adapun penyebab selip biasanya Belt sudah tidak lentur lagi atau getas serta kendur. Ketebalan dan kemiringan bisa juga sebagai penyebabnya. Dan bisa terlihat jika Belt sudah minta ganti yaitu ditandai dengan retak - retak atau sobek.
3. RODA BELAKANG BERPUTAR WALAUPUN PADA SAAT LANGSAM
Roda belakang berputar terus walaupun dalam keadaan langsam dan tidak ditarik gas adalah gejala yang menunjukan mangkok sentifugal sudah tak lagi bulat atau penjol hal ini biasanya disebabkan oleh perlakuan ngegas lama dan direm secara mendadak yang berulang kali atau kerap dilakukan pemakai.
Roda belakang berputar terus walaupun dalam keadaan langsam dan tidak ditarik gas adalah gejala yang menunjukan mangkok sentifugal sudah tak lagi bulat atau penjol hal ini biasanya disebabkan oleh perlakuan ngegas lama dan direm secara mendadak yang berulang kali atau kerap dilakukan pemakai.
4. ROLLER PEANG BUAT SUARA CVT KASAR
Pulley Primer atau pemutar CVT memang jarang rusak, akan tetapi Roller pendorong gerak buka tutup yang berada di Mangkok Pulley bisa habis atau peang sebelah akibat gesekan. Apalagi cara bawa motor yang seenaknya. Jika bentuknya sudah tak sempurna atau peang yang muncul di rumah CVT suara ker..ker.. lumayan keras pada saat akselerasi dan parahnya putaran atas akan tersendat dan itu merupakan gejala roller yang harus diganti.
Pulley Primer atau pemutar CVT memang jarang rusak, akan tetapi Roller pendorong gerak buka tutup yang berada di Mangkok Pulley bisa habis atau peang sebelah akibat gesekan. Apalagi cara bawa motor yang seenaknya. Jika bentuknya sudah tak sempurna atau peang yang muncul di rumah CVT suara ker..ker.. lumayan keras pada saat akselerasi dan parahnya putaran atas akan tersendat dan itu merupakan gejala roller yang harus diganti.
5. KAMPAS DAN PER SENTRIFUGAL
Gejala kampas sentrifugal sudah mulai tipis hampir sama dengan gejala kerusakan pada Belt selip. Tarikan awal yang lambat dan pada putaran 3000 RPM Motor seperti mau loncat sendiri, yang disebabkan jarak mainnya yang mulai menjauh.
Gejala kampas sentrifugal sudah mulai tipis hampir sama dengan gejala kerusakan pada Belt selip. Tarikan awal yang lambat dan pada putaran 3000 RPM Motor seperti mau loncat sendiri, yang disebabkan jarak mainnya yang mulai menjauh.
Posting Komentar