CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI

CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI

CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI 


         Motor Matic sudah menjadi salah satu motor favorit di Indonesia. Karena pemakaiannya yang sangat mudah dan simpel. Terlepas dari masalah seputar mesin motor matic komponen pada rumah CVT mempunyai tanda atau ciri-ciri jika memang kondisinya sudah minta diganti. Mulai dari selip timbulnya suara berisik pada CVT dan masalah yang lainnya. Nah, Berikut adalah gejala atau ciri-cirinya :

1. PIN GUIDE KURANG PELUMASAN

Komponen lain yang diserang adalah lubang pin guide di Pulley sekunder terkikis atau rusak . Ini disebabkan karena tidak ada pelumasan . Jika sudah rusak akan timbul suara kasar dan berisik dengan keras dan disertai putaran roda belakang yang tersendat ketika motor jalan. Ini bahayanya jika Roller Kampas Kopling dan Rumah Kopling Sentrifugal rusak dan tidak segera diganti.

2. BELT MENDECIT

Jika didalam Rumah CVT timbul suara mendecit segera cek kondisi Belt CVT. Karena biasanya sabuk penghubung putaran Pulley ini selip. Adapun penyebab selip biasanya Belt sudah tidak lentur lagi atau getas serta kendur. Ketebalan dan kemiringan bisa juga sebagai penyebabnya. Dan bisa terlihat jika Belt sudah minta ganti yaitu ditandai dengan retak - retak atau sobek.

3. RODA BELAKANG BERPUTAR WALAUPUN PADA SAAT LANGSAM

Roda belakang berputar terus walaupun dalam keadaan langsam dan tidak ditarik gas adalah gejala yang menunjukan mangkok sentifugal sudah tak lagi bulat atau penjol hal ini biasanya disebabkan oleh perlakuan ngegas lama dan direm secara mendadak yang berulang kali atau kerap dilakukan pemakai.

4. ROLLER PEANG BUAT SUARA CVT KASAR

Pulley Primer atau pemutar CVT memang jarang rusak, akan tetapi Roller pendorong gerak buka tutup yang berada di Mangkok Pulley bisa habis atau peang sebelah akibat gesekan. Apalagi cara bawa motor yang seenaknya. Jika bentuknya sudah tak sempurna atau peang yang muncul di rumah CVT suara ker..ker.. lumayan keras pada saat akselerasi dan parahnya putaran atas akan tersendat dan itu merupakan gejala roller yang harus diganti.

5. KAMPAS DAN PER SENTRIFUGAL

Gejala kampas sentrifugal sudah mulai tipis hampir sama dengan gejala kerusakan pada Belt selip. Tarikan awal yang lambat dan pada putaran 3000 RPM Motor seperti mau loncat sendiri, yang disebabkan jarak mainnya yang mulai menjauh.



Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INC PARTS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger