FUNGSI DAN CARA MEMASANG KNALPOT MOTOR
FUNGSI DAN CARA MEMASANG KNALPOT MOTOR
FUNGSI DAN CARA MEMASANG KNALPOT MOTOR
Dalam mengendarai
, hendaknya tau kapan dia harus berjalan lambat dan kapan harus berjalan cepat.
Motor yang mengganti knalpot dengan asal-asalan biasanya di ganti dengan suara
keras akan mempengaruhi besar terhadap laju kendaraan.
Tinggi rendahnya tingkat kebisingan
pada knalpot akan tergantung beberapa faktor, antara lain :
a. Volume knalpot
b. Bentuk dan kontruksi knalpot
c. Panjang saluran keluar antara mesin ke
kenalpot
d. Bahan yang digunakan knalpot.
Knalpot memiliki
tugas untuk menyalurkan buangan gas yang dihasilkan mesin. Karena posisinya
yang sangat terekspose kenalpot sangat mudah terkena benturan. Sering kali
kenalpot mengalami kerusakan yang cukup besar (jika jatuhnya kebagian yang
terdapat knalpot, walaupun jatuh biasa knalpot juga bisa mengalami kerusakan. Apalagi
knalpot memiliki harga yang tinggi.
Silinder knalpot
memiliki dua macam slinder knalpot, yang utama adalah terletak di atas kenalpot
dengan footstep belakang. Model yang seperti ini biasanya digunakan pada motor
bebek dan sport, yang ke2 model yang ada dibawah dengan dua buah silinder di
pasang menggunakan braket yang tersedia, biasanya di pasang untuk motor matik.
Untuk yang
model pertama adalah model yang sering dilihat pada motor sport, entah itu
naked sport bike/ fairing sport bike. Pemasangan sangat mudah karena hanya
mengganti baut yang menghubungkan antara knalpot dan footstep belakang. Proteksinya
juga cukup lumayan dan untuk model yang harga relatif terjangkau tergantung
merk, dan bahanya.
Silinder knalpot memiliki kelebihan
dan kekurangan sebagai berikut ini :
Kelebihan menggunakan silnder knalpot
1. Mempercantik tampilan
2. Melindungi knalpot dari crash
3. Mengurangi resiko kaki tercepit saat
crash
Kekurangan silinder kenalpot
1. Merusak bagian motor yang digunakan
sebagai braket
2. Bisa mempengaruhi keseimbangan motor
3. Bila kurang waspada bisa bersenggolan
dengan motor lain bahkan menyangkut di kaki pengendara lain.
Baik atau
tidaknya proses pembakaran motor biasanya dapat terlihat dari intrumen contohny
asap. Bila asap yang dikeluarkan dari knalpot terlalu banyak alias mengebul,
dapat dipastikan mesin sedang mengalami masalah, utamanya pada saat proses
pembakaran.
Cara memasang
knalpot dengan mudah yaitu sebagai berikut ini :
1. Bila paket barang tiba segera buka dan
lepaskan dengan benar.
2. Segera ambil paket barang dan
keluarkan knalpot yang akan dipasang
3. Lepaskan knalpot original anda, simpan
dengan baik biar awet dan sewaktu waktu dapat dipergunakan lagi.
4. Bila pesan full set, pasangkan
terlebih dahulu leheran/manipole dengan hati-hati, disesuaikan atau dipaskan
dulu dan jangan dikencangkan terlebih dahulu untuk menyesuaikan silincer yang
akan di pasang di fostep
5. Setelah terpasang leheran / manipole
segera pasang silincer knalpot anda dan kunci dengan per yang sudah disesuaikan
dengan menarik pakai tambang atau alat seperlunya.
6. Setelah membentuk full set knalpot
secara utuh disesuaikan / dipaskan antara ujung manipole mesin dengan fostep
silincer dibelakang secara teliti, karena untuk leheran dan silincer kami sudah
di male disesuaikan dengan jenis motor yang ada.
7. Bila sudah pas segera kencangkan baut
ujung ke mesin dengan breket manipole atau baut pada cantolan silinder yang
akan dikencangkan pada tempat yang tersedia akan tetapi terlebih dahulu untuk
di beri auto silinder agar tidak bocor baik di lubang pada mesin atau sambungan
leherandan sambungan silincer apabila manipole/leheran 2 sok
8. Bila sudah dikerjakan semua, tunggu
sebentar agar auto silinder kering atau dihidupkan motor tapi jangan di gas dengan tujuan untuk mengeringi auto
siller
9. Bila sudah ready dan terpasang dengan
benar silahkan uji knalpot anda dan siap untuk ditarik atau touring dengan
suara yang mantap dan tidak terlalu bising.
Posting Komentar