DAMPAK KAMPAS KOPLING HABIS DAN CARA MENGGANTINYA
DAMPAK KAMPAS KOPLING HABIS DAN CARA MENGGANTINYA
DAMPAK KAMPAS KOPLING HABIS DAN CARA
MENGGANTINYA
Fungsi dari kampas kopling adalah sebagai penyalur tenaga
mesin ke transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang ada pada motor jika kampas
kopling sudah aus atau menipis tenaga mesin tidak dapat berfungsi dengan
sempurna alias tenaga akan menjadi lemah.
Dampak kampas
kopling habis diantaranya sebagai berikut ini :
1. Akselerasi
motor khususnya pada mesi n menjadi lemah tidak maksimal lagi.
2. Sering
terjadinya selip kopling
3. Putaran
pada mesin ,motor menjadi lebih tinggi
4. Stater
ringan atau orang biasa menyebut dengan ngelos
5. Sangat
sering terjadi lepas kopling
6. Tenaga
mesin motor menjadi kurang sudah tidak power full lagi.
7. Perpindahan
gigi perseling menjadi susah
Cara mengganti
kampas kopling sendiri dengan cara mudah, sebagai berikut ini :
1. Sebelumnya
keluarkan terlebih dahulu oli dengan cara membuka baut tap bagian bawah.
2. Setelah
oli terkuras habis lepaskan kopling dengan menggunakan kunci T. Namun sebelumnya
lepaskan terlebih dahulu kick stater dengan melepas baut penguncinya.
3. Setelah
bak kopling terlep[as akan terlihat dua lingkaran yaitu kopling utama dan kopling
ganda. Untuk melepaskan cukup dengan melepas baut pengikatnya yang biasanya
berjumlah 4 atau 6 buah.
4. Setelah
baut dilepas maka rangkaian yang terdiri dari pegas atau per, mangkok penekan,
plat penekan beserta kampas koplingnya sudah terurai. Perlu diperhatikan cara
melepas baut pengikat. Karena baut terkenan oleh pegas maka jika tidak
dilakukan dengan benar, besar kemungkinan baut akan dol bahkan baut bisa patah.
5. Setelah
semua baut terlepas perhatikan konstruksinya agar dalam pemasangan nanti tidak
kesulitan. Kampas kopling baru siap dipasang, sesuai dengan kontruksi awal. Tak
perlu membawa kebengkel dengan mengeluarkan ongkos tambahan. Selain itu, anda
semakin menambah wawasan dengan hal ini.
Posting Komentar