DAMPAK YANG TERJADI PADA KLEP MOTOR TERLALU RAPAT DAN RENGGANG
DAMPAK YANG TERJADI PADA KLEP MOTOR TERLALU RAPAT DAN RENGGANG
DAMPAK
YANG TERJADI PADA KLEP MOTOR TERLALU RAPAT DAN RENGGANG
Klep motor
adalah suatu alat atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis yang
terpasang pada kepala silinder. Klep dibuat dari bahan yang keras dan mudah
menghantarkan panas. Klep menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu
bergerak naik turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi dan klep
diharuskan tahan terhadap panas dan gesekan.
Dampak setelan klep yang terlalu rapat
yaitu sebagai berikut :
1. Tekanan kompresi menjadi bocor
2. Mesin tidak bisa stasioner
3. Bahan bakar menjadi boros
4. Motor sulit dihidupkan
5. Tenaga mesin berkurang
6. Dapat menjadi ledakan pada karburator
(khusus motor karbu)
Hal lain apabila setelan klep yang
telalu renggang yaitu sebagai berikut :
1. Mesin tidak bisa stasioner
2. Suara mesin berisik
3. Bahan bakar yang masuk berkurang
4. Tekanan kompresi menjadi rendah
5. Mesin tersendat-sendat pada putaran
tinggi
6. Tenaga motor menjadi berkurang dan
cepat panas
7. Motor sulit dihidupkan
8. Pembuangan gas tidak bersih
Pembongkaran klep motor yang benar
yaitu sebagai berikut langkah-langkahnya :
1. Lepas knalpot
2. Lepas karbu
3. Buka busi
4. Buka tutup gigi sentrik
5. Buka tutup blok magnet dan lubang
intip magnet
6. Posisikan piston pada top buang, yaitu
dengan cara memutar magnet melalui lubang blog magnet menggunakan kunci sok 17.
Tanda top buang bisa anda lihat di bagian gigi sentrik ada tanda bulat
dipinggiranya dan posisikan tanda itu di tanda yang ada di head
7. Buka tutup klep serta tutup as roker
arm atau pelatuk
8. Buka baut gigi sentrik serta lepaskan
gigi sentrik dari rantai keteng. Jika ini terlalu susah, lepaskan dahulu
tensioner dengan cara melepas baut yang berada dibawah mesin dan lokasinya
berada didekat lubang kuaras oli
9. Buka baut samping blok head
10. Buka ke 4 mur head secara silang
11. Setelah semua sudah berhasil terbuka, sekarang tinggal
tarik headnya.
12. Setelah head terlepas, buka ke dua
roker arm dengan menggunakan baut 12 mm dengan cara memasukan baut pada lubang
as roker arm (pelatuk) kemudian tarik keluar lepaskan roker arm serta adsnya.
13. Buka noken as dengan cara menariknya
baut 12 mm tadi seperti pada pembukaan rocker arm diatas.
14. Sekarang tinggal lepaskan kuku klepnya
dengan cara ganjal payung klep dengan tutup klep. Kemudian gencet penahan per
klep dengan menggunakan kunci sok atau memakai kunci busi. Lalu tekan kunci sok
tersebut sampai kukunya keluar.
Posting Komentar