DAMPAK YANG TERJADI PADA KLEP MOTOR TERLALU RAPAT DAN RENGGANG

DAMPAK YANG TERJADI PADA KLEP MOTOR TERLALU RAPAT DAN RENGGANG


DAMPAK YANG TERJADI PADA KLEP MOTOR TERLALU RAPAT DAN RENGGANG

Klep motor adalah suatu alat atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis yang terpasang pada kepala silinder. Klep dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas. Klep menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi dan klep diharuskan tahan terhadap panas dan gesekan.

Dampak setelan klep yang terlalu rapat yaitu sebagai berikut :
1.    Tekanan kompresi menjadi bocor
2.    Mesin tidak bisa stasioner
3.    Bahan bakar menjadi boros
4.    Motor sulit dihidupkan
5.    Tenaga mesin berkurang
6.    Dapat menjadi ledakan pada karburator (khusus motor karbu)

Hal lain apabila setelan klep yang telalu renggang yaitu sebagai berikut :
1.    Mesin tidak bisa stasioner
2.    Suara mesin berisik
3.    Bahan bakar yang masuk berkurang
4.    Tekanan kompresi menjadi rendah
5.    Mesin tersendat-sendat pada putaran tinggi
6.    Tenaga motor menjadi berkurang dan cepat panas
7.    Motor sulit dihidupkan
8.    Pembuangan gas tidak bersih

Pembongkaran klep motor yang benar yaitu sebagai berikut langkah-langkahnya :
1.    Lepas knalpot
2.    Lepas karbu
3.    Buka busi
4.    Buka tutup gigi sentrik
5.    Buka tutup blok magnet dan lubang intip magnet
6.    Posisikan piston pada top buang, yaitu dengan cara memutar magnet melalui lubang blog magnet menggunakan kunci sok 17. Tanda top buang bisa anda lihat di bagian gigi sentrik ada tanda bulat dipinggiranya dan posisikan tanda itu di tanda yang ada di head
7.    Buka tutup klep serta tutup as roker arm atau pelatuk
8.    Buka baut gigi sentrik serta lepaskan gigi sentrik dari rantai keteng. Jika ini terlalu susah, lepaskan dahulu tensioner dengan cara melepas baut yang berada dibawah mesin dan lokasinya berada didekat lubang kuaras oli
9.    Buka baut samping blok head
10.  Buka ke 4 mur head secara silang
11.  Setelah  semua sudah berhasil terbuka, sekarang tinggal tarik headnya.
12.  Setelah head terlepas, buka ke dua roker arm dengan menggunakan baut 12 mm dengan cara memasukan baut pada lubang as roker arm (pelatuk) kemudian tarik keluar lepaskan roker arm serta adsnya.
13.  Buka noken as dengan cara menariknya baut 12 mm tadi seperti pada pembukaan rocker arm diatas.
14.  Sekarang tinggal lepaskan kuku klepnya dengan cara ganjal payung klep dengan tutup klep. Kemudian gencet penahan per klep dengan menggunakan kunci sok atau memakai kunci busi. Lalu tekan kunci sok tersebut sampai kukunya keluar.


Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INC PARTS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger