GEJALA REGULATOR ATAU KIPROK MOTOR RUSAK
GEJALA REGULATOR ATAU KIPROK MOTOR RUSAK
GEJALA REGULATOR ATAU KIPROK MOTOR RUSAK
Regulator atau lebih akrab disebut Kiprok berfungsi
untuk menahan dan menstabilkan arus listrik yang datang dari spul kemudian
diteruskan ke aki.
Cara
mengetahui cici-ciri kiprok yang rusak :
·
Lampu Redup
·
Aki Motor Cepat Soak
·
Lampu Motor Mati Saat Digas
Banyak orang yang mengira kalau motor yang sering mogok
itu karena busi yang rusak atau kotor, Padahal Kiprok juga bisa menyebabkan
motor mogok. Dan berikut ini adalah Gejala
Regulator
atau Kiprok
Motor Yang Rusak :
1.
Aki Tekor
Jika hal ini terjadi, biasanya hal yang terasa yakni
starter tidak mampu menyala dan klakson terasa sember atau sumbang. Sehingga
saat aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, karena kondisi kiprok juga
bisa mempengaruhi voltage baterai.
Karena jika altenator dan kiprok normal, maka tegangan
baterai harusnya stabil di angka 12 volt walau baru saja digunakan.
2. Overcharging
Overcharging adalah kondisi dimana kiprok tidak mampu
mengatur besarnya arus listrik dari Altenator.
Dan akan timbul beberapa gejala seperti
:
· Lampu
Bolam
yang Langsung Putus
Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan
maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu akan
terputus.
· Suara
Mesin Kasar
Ini terjadi karena suplai listrik dari
altenator juga masih stabil. Tapi saat mesin di gas, kondisi pengapian akan
berubah karena input tegangan yang lebih besar menyebabkan percikan api busi
juga semakin tidak terkontrol. Akibatnya suara mesin bisa kasar bahkan bisa
terjadi knocking hingga knalpot nembak.
3.
Tiba-tiba Motor Mogok dan Tidak Bisa Distarter
Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, tiba
tiba tanpa sebab motor kita mati disertai kelistrikan seperti lampu dan
speedometer yang tidak menyala sama sekali.
Penyebabnya, mesin perlu energi listrik untuk sistem
pengapian. Sehingga tanpa listrk tidak ada api pada busi karena sistem
pengapian tidak berfungsi.
4.
Saat Motor Dinyalakan Lampu dan Kelistrikan
Body Redup
Hati-hati, kejadian seperti ini bisa menyebabkan aki
tekor dan biasanya Aki lah yang disalahkan. Jika kita tidak memeriksa kondisi
kiprok, akan sama saja. Tetapi biasanya, saat kiprok lemah mesin masih bisa
dihidupkan menggunakan kick starter. Karena kebutuhan kelustrikan mesin masih
bisa disuplai oleh sisa tegangan baterai dan tegangan dari kiprok itu sendiri.
Posting Komentar