GEJALA REGULATOR ATAU KIPROK MOTOR RUSAK

GEJALA REGULATOR ATAU KIPROK MOTOR RUSAK

GEJALA REGULATOR ATAU KIPROK MOTOR RUSAK


        Regulator atau lebih akrab disebut Kiprok berfungsi untuk menahan dan menstabilkan arus listrik yang datang dari spul kemudian diteruskan ke aki.

Cara mengetahui cici-ciri kiprok yang rusak : 
·         Lampu Redup
·         Aki Motor Cepat Soak
·         Lampu Motor Mati Saat Digas

Banyak orang yang mengira kalau motor yang sering mogok itu karena busi yang rusak atau kotor, Padahal Kiprok juga bisa menyebabkan motor mogok. Dan berikut ini adalah Gejala Regulator atau Kiprok Motor Yang Rusak : 

1. Aki Tekor
Jika hal ini terjadi, biasanya hal yang terasa yakni starter tidak mampu menyala dan klakson terasa sember atau sumbang. Sehingga saat aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, karena kondisi kiprok juga bisa mempengaruhi voltage baterai.
Karena jika altenator dan kiprok normal, maka tegangan baterai harusnya stabil di angka 12 volt walau baru saja digunakan.

2. Overcharging
Overcharging adalah kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari Altenator.
Dan akan timbul beberapa gejala seperti : 
·        Lampu Bolam yang Langsung Putus
Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu akan terputus.
·        Suara Mesin Kasar
Ini terjadi karena suplai listrik dari altenator juga masih stabil. Tapi saat mesin di gas, kondisi pengapian akan berubah karena input tegangan yang lebih besar menyebabkan percikan api busi juga semakin tidak terkontrol. Akibatnya suara mesin bisa kasar bahkan bisa terjadi knocking hingga knalpot nembak.

3. Tiba-tiba Motor Mogok dan Tidak Bisa Distarter
Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, tiba tiba tanpa sebab motor kita mati disertai kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak menyala sama sekali.
Penyebabnya, mesin perlu energi listrik untuk sistem pengapian. Sehingga tanpa listrk tidak ada api pada busi karena sistem pengapian tidak berfungsi.

4. Saat Motor Dinyalakan  Lampu dan Kelistrikan Body Redup
Hati-hati, kejadian seperti ini bisa menyebabkan aki tekor dan biasanya Aki lah yang disalahkan. Jika kita tidak memeriksa kondisi kiprok, akan sama saja. Tetapi biasanya, saat kiprok lemah mesin masih bisa dihidupkan menggunakan kick starter. Karena kebutuhan kelustrikan mesin masih bisa disuplai oleh sisa tegangan baterai dan tegangan dari kiprok itu sendiri.




Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INC PARTS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger