KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR
KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR
KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR
Karburator adalah komponen mesin yang berfungsi untuk
mengatur RPM mesin serta mengatur suplai bensin ke mesin secara ideal.
Cara mengenali ciri-ciri karburator yang rusak.
·
Motor tidak mau hidup
·
Karburator banjir atau bahan bakar meluap
·
Motor tidak mau langsam (stasioner)
·
Timbul masalah pada saat motor dikendarai P ilot
Jet atau Main Jet tersumbat kotoran.
KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR
1. Setelan Tidak
Pas
Pada karburator terdapat 2 Skrup penyetel, yaitu sekrup pengatur gas dan sekrup
pengatur saluran. Sekrup pengatur gas berfungsi untuk mengatur
ketinggian gas saat kawat gas tidak ditarik. Sementara sakrup saluran bensin
berfungsi untuk mengatur besar kecilnya saluran bensin saat idle.
2.
Bensin Bocor Dari Karburator
Karburator terletak dibawah tanki sehingga bensin sangat
berpotensi bocor akibat tekanan bensin dari bagian tanki.
Apabila Anda
menemukan rembesan atau tetesan bensin dari karburator, maka segera matikan
mesin dan cek apakah yang bocor itu selang atau kebocoran tersebut ada didalam
karburator, kalau ternyata selang baik-baik saja maka Anda perlu melakukan pembongkaran
karburator.
3.
Bensin Tidak Turun
Selain bensin
yang bocor, mungkin Anda pernah menemui masalah pada motor yang sudah
lama tidak Anda pakai atau dianggurin, dan pas dihidupin ternyata susah sekali
untuk hidup. Dan ternyata masalahnya ada pada bensin yang tidak mau turun dari
tanki ke karburator. Sehingga, meski
disela puluhan kali motor masih belum bisa hidup. Kalau Anda mengalami kondisi diatas, caranya mudah. Pertama lepas selang
bensin yang masuk ke karburator. Lalu biarkan bensin mengucur hingga alirannya lancar.
4.
Akibat Modifikasi Karburator
Kerusakan yang sering terjadi pada karburator lainnya ada
akibat dari modifikasi yang kurang tepat.
Apabila
motor Anda
merupakan motor harian maka jangan memodifikasi bagian mesin terlalu ekstrem.
Karena meski daya gedor motor meningkat, namun masa pakai komponen menjadi
lebih singkat.
5. Main
Jet Mampet
Main jet adalah komponen berbentuk saluran berdiameter
kecil yang terletak ditengah karburator motor. Sehingga kita tidak akan bisa
melihat komponen ini tanpa melepas karburator.
Fungsinya,
untuk menyalurkan dan mengabutkan bensin dari dalam ruang pelampung (didalam
karburator) ke aliran udara yang melewati karburator.
Namun seiring seringnya kendaraan digunakan biasanya
didalam main jet ini terselip kerak dan kotoran, sehingga volume bensin yang mampu dikeluarkan lebih sedikit
dibandingkan volume idealnya.
Efeknya, motor akan terasa ngempos dan brebet baik di RPM
rendah atau saat digeber.
Posting Komentar