KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR



        Karburator adalah komponen mesin yang berfungsi untuk mengatur RPM mesin serta mengatur suplai bensin ke mesin secara ideal.

Cara mengenali ciri-ciri karburator yang rusak.
·         Motor tidak mau hidup
·         Karburator banjir atau bahan bakar meluap
·         Motor tidak mau langsam (stasioner)

·         Timbul masalah pada saat motor dikendarai P ilot Jet atau Main Jet tersumbat kotoran.

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR

1. Setelan Tidak Pas
Pada karburator terdapat 2 Skrup penyetel, yaitu sekrup pengatur gas dan sekrup pengatur saluran. Sekrup pengatur gas berfungsi untuk mengatur ketinggian gas saat kawat gas tidak ditarik. Sementara sakrup saluran bensin berfungsi untuk mengatur besar kecilnya saluran bensin saat idle.

2. Bensin Bocor Dari Karburator
Karburator terletak dibawah tanki sehingga bensin sangat berpotensi bocor akibat tekanan bensin dari bagian tanki.
Apabila Anda menemukan rembesan atau tetesan bensin dari karburator, maka segera matikan mesin dan cek apakah yang bocor itu selang atau kebocoran tersebut ada didalam karburator, kalau ternyata selang baik-baik saja maka Anda perlu melakukan pembongkaran karburator.

3. Bensin Tidak Turun
Selain bensin yang bocor, mungkin Anda pernah menemui masalah pada motor yang sudah lama tidak Anda pakai atau dianggurin, dan pas dihidupin ternyata susah sekali untuk hidup. Dan ternyata masalahnya ada pada bensin yang tidak mau turun dari tanki ke karburator. Sehingga, meski disela puluhan kali motor masih belum  bisa hidup. Kalau Anda mengalami kondisi diatas, caranya mudah. Pertama lepas selang bensin yang masuk ke karburator. Lalu biarkan bensin mengucur hingga alirannya lancar.


4. Akibat Modifikasi Karburator
Kerusakan yang sering terjadi pada karburator lainnya ada akibat dari modifikasi yang kurang tepat.
Apabila motor Anda merupakan motor harian maka jangan memodifikasi bagian mesin terlalu ekstrem. Karena meski daya gedor motor meningkat, namun masa pakai komponen menjadi lebih singkat. 

5. Main Jet Mampet
Main jet adalah komponen berbentuk saluran berdiameter kecil yang terletak ditengah karburator motor. Sehingga kita tidak akan bisa melihat komponen ini tanpa melepas karburator.
Fungsinya, untuk menyalurkan dan mengabutkan bensin dari dalam ruang pelampung (didalam karburator) ke aliran udara yang melewati karburator.
Namun seiring seringnya kendaraan digunakan biasanya didalam main jet ini terselip kerak dan kotoran, sehingga volume bensin yang mampu dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan volume idealnya.
Efeknya, motor akan terasa ngempos dan brebet baik di RPM rendah atau saat digeber.


Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INC PARTS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger